Wednesday, April 10, 2013

ANALISIS LEMBAR ANGKET UNTUK ASESMEN PSIKOMOTORIK DAN AFEKTIF


1.1.1.  Analisis Lembar Observasi
1.1.1.1.         Validitas Lembar Observasi
               Instrumen lembar observasi dalam penelitian ini meliputi lembar observasi meliputi lembar observasi psikomotorik dan afektif. Pengujian validitas instrumen lembar observasi ini menggunakan pengujian validitas konstruk. Dalam hal ini instrumen dikonstruksi tentang aspek-aspek yang akan diukur dengan berlandaskan teori tertentu, maka selanjutnya dikonsultasikan dengan ahli (Sugiyono, 2010:352). Dalam penelitian ini ahli yang dimaksud adalah dosen pemimbing skripsi dan guru pamong penelitian. Lembar observasi yang telah dikonsultasikan dan disetujui oleh para ahli tersebut dikatakan valid.

1.1.1.2.         Reliabilitas Lembar Observasi
               Untuk mencari reliabilitas lembar observasi, digunakan rumus korelasi Spearman, yaitu:
Keterangan:
Rho        = Reliabilitas kesepakatan
B            = Beda peringkat antara pengamat I dengan pengamat II
N                        = Jumlah siswa yang diamati
Lembar observasi dinyatakan reliabel apabila harga Rho ≥ 0,6. Atau melebihi harga Rho tabel pada tabel harga kritik Rho Spearman
                                                               (Widodo, 2009:61)

1.1.2.  Analisis Lembar Angket
               Lembar angket ini digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan Project-Based Learning.
Analisis lembar angket dilakukan secara deskriptif dengan menghitung terlebih dahulu presentase jawaban siswa, yaitu dengan menggunakan rumus:
Sedangkan untuk pengujian reliabilitas angket dalam penelitian ini menggunakan rumus Alpha
                       

Keterangan:
r11               = reliabilitas instrumen
k             = banyaknya butir soal
       = jumlah varian butir
          = varian total                          
Lembar angket dinyatakan reliabel apabila harga r11 ≥ 0,6.
                                                                                                (Widodo, 2009:60-61)


 Widodo, A. Tri. 2009. Pengembangan Assesmen Pembelajaran Pendidikan Kimia. Semarang: LP3 UNNES.

No comments:

Post a Comment