Monday, October 28, 2013

DAILY LESSON PLAN



dari Ibu Sally


Subject                                     : IPA Terpadu                                      Pertemuan ke               : I (pertama)
Semester/Academic Year         : I / 2013-2014                                     Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit
Class                                        : VIII                                                    Tanggal                        :

SK                                           :  4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan.
KD                                        :  4.1 Mencari informasi tentang  kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam
                                                          kehidupan sehari-hari.

Indicator                                  :
1.       Menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari
2.       Menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga

Tujuan Pembelajaran                        :
Peserta didik dapat                   :
1.      Siswa dapat menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari
2.      Siswa dapat menyebutkan dampak positif dan negatif dari bahan-bahan kimia
3.      Siswa dapat menjelaskan efek samping dari bahan kimia

Materi Pembelajaran
 Bahan Kimia

 Metode Pembelajaran
 1. Model   :   -   Direct Instruction (DI)
                        -   Cooperative Learning
    2.  Metode  :   -   Diskusi kelompok       
                      -   Ceramah
                          -   Eksperimen
                       -   Observasi
NO
STAGE
ACTIVITY
TIME
EVALUATION
1.
Opening




a. Motivasi dan Apersepsi:
-          Guru bertanya pada siswa apa perbedaan bahan alami dengan bahan kimia
-          Guru meminta siswa menyebutkan apa yang mereka pakai sehari-hari yang merupakan bahan kimia
10 menit

2.
Main Activity












·         Guru memintasiswa membuka buku paket halaman 122 yang berisi peta konsep materi bahan kimia
·         Guru menjelaskan garis besar dari peta konsep tersebut
·         Guru mulai menjelaskan materi satu-persatu mulai dari pembagian bahan alami dan bahan buatan (kimia)
·         Guru meminta mengelompokkan bahan kimia yg disebutkan siswa pada opening yang termasuk bahan kimia non-makanan dalam kehidupan sehari-hari
·         Guru menjelaskan contoh macam-macam bahan kimia non pangan mulai dari bahanpembersih, bahan kosmetik, obat pembasmi serangga, dan plastik. (materi buku paket hal. 123-128)
·         Guru memberi kesempatan pada siswa yang ingin bertanya atau berdiskusi
·         Guru melanjutkan menjelaskan bahan kimia yang termasuk makanan dalam kehidupan sehari-hari (materi buku paket hal 129-134)
·         Guru memberikan latihan (LKS hal.89 No. 2, 3, 4,13, 14, 18, 20, 21, 22, 23, 24, 25, 26,27,29 dan 30)
60 menit

3
Closing



·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
10 menit



Sistem Penilaian / Evaluasi      :
a. Teknik Penilaian:
·     Tes tertulis
·     Tes unjuk kerja
·     Penugasan
      
b. Bentuk Instrumen:
·      Tes PG
·      Tes uraian
·      Uji petik kerja produk
·      Proyek
c. Contoh Instrumen:
    -  Contoh tes PG
 Peristiwa menopause terjadi di masa ....
a. balita/anak-anak                                                 c. dewasa
b. remaja                                                    d. manula
-  Contoh tes uraian
Hormon reproduksi apa sajakah yang mendukung proses pubertas di masa remaja?
.


Note

Cikarang Timur ,                      …………………….2013
Principal SMPIT ANNUR                                                        Teacher




    Tuti Turmiati, S.Pd                                                                _______________



No comments:

Post a Comment