Tuesday, January 22, 2013

SIKAP ILMIAH



Pembentukan Sikap Ilmiah
Keilmiahan sering kali diartikan sebagai hal yang berbau eksak atau membutuhkan tingkat berpikir yang tinggi. Padahal ilmiah adalah suatu metode untuk menjelaskan sesuatu berdasarkan ilmu pengetahuan. Barangkali sikap ilmiah adalah penilaian akhir dari suatu proses pembelajaran. Karena pembelajaran manapun menuntut agar peserta didik untuk dapat menyikapi keadaan dihadapannya dengan ilmu. Sikap ilmiah menuntut agar menyikapi segala sesuatu dengan ilmu pengetahuan yang sahih. Sikap seperti ini akan membawa manusia agar tamak terhadap ilmu dan merasa butuh terhadap ilmu pengetahuan, seperti pepatah mengatakan ‘ilmu sebelum berbicara dan berbuat’. Maka sikap ilmiah menuntut dalam segala aspek kehidupan untuk medapatkan kebenaran yang sahih.
Sikap selalu ingin tahu, kritis, menerima kebenaran, ingin memperbaiki merupakan hal pokok dalam sikap ilmiah. Dalam pembelajaran, sikap ini dapat dibentuk terutama pada situasi-situasi yang kongkrit dan menuntut agar diselesaikan dengan berbuat. Situasi-situasi seperti inilah yang dibangun dalam kelas laboratorium, dimana peserta didik dihadapkan pada masalah secara kongkrit atau nyata. Untuk itu, laboratorium sekolah merupakan tempat yang digunakan untuk membentuk sikap ilmiah.
Akan tetapi, kerja di labortatorium sekolah seringkali tidak dapat membentuk sikap ilmiah. Hal ini dikarenakan waktu untuk bekerja di laboratorium hanya sesekali saja dan biasanya terkendala dengan biaya. Ketika siswa dirumah pun tidak bisa melanjutkan rasa ingin tahunya karena tidak tersedianya bahan kimia dan alat praktikum.
Untuk hal-hal seperti inilah Blog ini disusun. Dengan tujuan memupuk sikap ilmiah dan mampu menghubungkan teori dengan kenyataan, bahkan dapat langsung diambil manfaatnya. Dalam beberapa hal, Blog ini berbentuk seperti karya tulis ilmiah yang menekankan pada keberhasilan suatu metode praktikum di luar pembelajaran sekolah. Untuk memudahkan, Blog ini disusun secara kronologis, sebaiknya tidak melompat-lompat dalam membacanya.

No comments:

Post a Comment