Tuesday, January 22, 2013

PROYEK LABORATORIUM KIMIA



Lab At Your Home
Rancang Laboratorium Di Rumahmu
Berbagai Metode Proyek-Proyek Ilmiah Kimia
Pengantar
Kimia merupakan mata pelajaran yang dipelajari pada jenjang Sekolah Menengah Atas atau sederajat. Objek pembelajaran kimia meliputi semua materi yang terdapat dalam kehidupan kita. Blog ini disusun atas dasar mendalami dan menghubungkan teori kimia yang ada di mata pelajaran dan kehidupan sekitar kita. Bahwa kimia bukan merupakan pelajaran yang abstrak dan tidak real terdapat dalam kehidupan kita. Dengan mempelajari Blog ini anda dapat langsung memperoleh manfaat dari materi kimia. Akan lebih baik jika anda didampingi oleh orang yang berlatar-belakang kimia dalam melaksanakan metode-metode yang terdapat dalam Blog ini.
Dalam Blog ini dijelaskan reaksi-reaksi kimia sederhana untuk tujuan tertentu, seperti melapisi besi dengan tembaga agar besi tidak mudah berkarat. Membuat regensia(zat kimia yang sudah diketahui reaksinya dengan zat lain sehingga zat lain tersebut dapat diketahui isinya) akan menjadi lebih mudah terlebih jika tidak mempunyai laboratorium untuk melaksanakan proyek pendidikan kimia.
Dalam beberapa aspek, Blog ini menitik beratkan pada analisis dengan bantuan listrik atau sering disebut dengan sistem elektrokimia. Sistem elektrokimia ini dipilih oleh penulis untuk memudahkan dalam penyiapan-penyiapan zat-zat kimia. Penjelasan lebih mendetail akan dijelaskan dalam Blog ini.
Blog ini juga disusun berdasarkan pengalaman secara langsung oleh penulis melalui jenjang pendidikan yang telah dijalani. Penting juga untuk benar-benar memahami catatan untuk tiap zat-zat kimia yang dibuat, meski dari bahan-bahan disekitar kita, bahan tersebut telah menjalani reaksi kimia yang rumit dan dapat membuatnya menjadi beracun.
Demikian pengantar yang kami tulis semoga dapat menjadi gambaran atas disusunnya Blog ini.
Penulis

No comments:

Post a Comment