1.1.1. Analisis
Lembar Observasi
1.1.1.1.
Validitas Lembar Observasi
Instrumen lembar observasi dalam penelitian ini
meliputi lembar observasi meliputi lembar observasi psikomotorik dan afektif.
Pengujian validitas instrumen lembar observasi ini menggunakan pengujian
validitas konstruk. Dalam hal ini instrumen dikonstruksi tentang aspek-aspek
yang akan diukur dengan berlandaskan teori tertentu, maka selanjutnya
dikonsultasikan dengan ahli (Sugiyono, 2010:352). Dalam penelitian ini ahli
yang dimaksud adalah dosen pemimbing skripsi dan guru pamong penelitian. Lembar
observasi yang telah dikonsultasikan dan disetujui oleh para ahli tersebut
dikatakan valid.
1.1.1.2.
Reliabilitas Lembar Observasi
Untuk mencari reliabilitas lembar observasi, digunakan
rumus korelasi Spearman, yaitu:
Rho = Reliabilitas kesepakatan
B = Beda peringkat antara pengamat I dengan pengamat II
N = Jumlah siswa yang diamati
Lembar observasi dinyatakan reliabel apabila
harga Rho ≥ 0,6. Atau melebihi harga Rho tabel pada tabel harga kritik Rho Spearman.
(Widodo,
2009:61)
1.1.2. Analisis
Lembar Angket
Lembar angket ini digunakan untuk mengetahui tanggapan
siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan Project-Based Learning.
Analisis lembar angket
dilakukan secara deskriptif dengan menghitung terlebih dahulu presentase
jawaban siswa, yaitu dengan menggunakan rumus:
Sedangkan untuk pengujian
reliabilitas angket dalam penelitian ini menggunakan rumus Alpha
Keterangan:
r11 = reliabilitas instrumen
k = banyaknya butir soal
Lembar angket dinyatakan
reliabel apabila harga r11 ≥ 0,6.
(Widodo,
2009:60-61)
No comments:
Post a Comment