Tuesday, November 5, 2013

Ulangan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari


Uji kepahaman
Materi : bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
Sekolah : SMP IT Annur, cikarang, Bekasi

Santi akan mencuci pakaian. Karena Santi ingin agar detergen yang dia pakai tidak merusak lingkungan maka Santi menggunakan detergen berbahan(1)______________ . Dia menyiapkan detergen yang mengandung zat(2) __________ sehingga kotoran dan minyak pada pakaian dapat larut dalam air. Zat tersebut memiliki gugus(3) _______ yang dapat mengikat air dan gugus(4) _______
yang dapat mengikat minyak. Santi melihat ternyata ada pakaian yang ternodai oleh tinta, maka dia penggunakan pemutih yang mengandung (5)___________ sehingga zat warna dapat hilang/pudar. Akan tetapi, menggunakan detergen dan pemutih bersama-sama dapat menghasilkan gas(6)_________ yang beracun. Sehingga Santi tidak mencampur detergen dan pemutih. Bahan-bahan pembersih juga merusak lingkungan karena dapat menyebabkan(7) _________ di perairan.

Karena lingkungan Santi tidak terlalu bersih, pada malam hari rumah Santi sering didatangi nyamuk dan kecoa. Santi menggunakan baigon yang mengandung(8) ________ untuk membasami serangga tersebut. Akan tetapi, penggunaan baigon dapat merusak(9) ________ dan menggangu ekosistem lingkungan.


Suatu hari, Santi ingin membuat nasi kuning, bahan pewarna yang paling baik untuk membuat nasi kuning adalah(10)_________. Santi tidak menggunakan penambah rasa buatan agar lebih sehat. Zat penambah rasa ini dinamakan(11) _________. Santi dibantu oleh ayah untuk menyelesaikan pekerjaan membuat nasi kuning. Karena kelelahan, ayah minta dibuatkan kopi. Setelah ayah minum kopi, tubuh ayah terasa ringan dan merasa dapat bekerja kembali. Hal ini terjadi karena kopi mengandung(12) ________ yang merupakan stimulant.

Budi adalah tetangga Santi. Budi tidak datang dalam acara nasi kuning Santi. Terdengar kabar bahwa budi tidak dapat datang karena masuk rumah sakit. Budi ternyata adalah pecandu berat dari alcohol. Zat ini merupakan zat(13) ________ yang dapat menghilangkan kesadaran. Selain alcohol, ternyata budi juga gemar merokok, dan menggunakan obat-obatan terlarang seperti ganja yang dapat menyebabkan halusinasi. Zat yang dapat menyebabkan halusinasi disebut(14) _______. Zat ini menyebabkan otak menjadi lemah atau sulit digunakan.

Hal yang paling baik untuk memperbaiki sakit yang diderita budi adalah dengan bertaubat. Budi tidak hanya menderita fisiknya, tetapi juga mentalnya karena telah menggunakan zat(15) _________ yang merusak mental dan kejiwaan. Pendekatan paling baik dalam menyembuhkan budi adalah pendekatan agama. Dimana keyakinan dalam Bergama akan menyembuhkan tiap penyakit, terutama penyakit jiwa.


No comments:

Post a Comment