Wednesday, June 26, 2013

PEDOMAN PENILAIAN ASPEK AFEKTIF


PEDOMAN PENILAIAN ASPEK AFEKTIF

Jenis Penilaian         : Afektif
Mata Pelajaran        : Kimia
Kelas / Semester     : XI / 2
Materi Pokok          : Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

TUJUAN     : Mengamati dan menilai sikap
serta keterampilan siswa dalam pembelajaran kimia menggunakan pendekatan Project-Based Learning(PBL).

ASPEK YANG DINILAI:
1.        Penerimaan (Receiving)
a.       Akitivitas siswa dalam pembelajaran
2.        Penanggapan (Responding)
a.       Bertanya
b.      Memberikan tanggapan
3.        Penilaian (Valuing)
a.       Kehadiran
b.      Disiplin tugas
c.       Bertanggung jawab
4.        Pengorganisasian (Organization)
a.       Kecermatan
b.      Bekerja sama
5.        Pembentukan Pola Hidup (Organization by a value complex)
a.       Kesopanan
b.      Kemandirian





PANDUAN PENILAIAN :
1.        Penerimaan (Receiving)
Aspek yang dinilai
Kriteria
Nilai
a.       Akitivitas siswa dalam pembelajaran

Siswa memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru dan mencatat materi proyek pemurnian garam.
4
Siswa memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru dan jarang mencatat materi proyek pemurnian garam.
3
Siswa memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru dan tidak mencatat materi proyek pemurnian garam.
2
Siswa tidak memperhatikan penjelasan guru dan tidak mencatat materi proyek pemurnian garam.
1
2.        Penanggapan (Responding)
Aspek yang dinilai
Kriteria
Nilai
a.       Bertanya

Siswa selalu bertanya perkembangan proyek pemurnian garam pada guru tiap pertemuan.
4
Siswa sering perkembangan proyek pemurnian garam bertanya pada guru.
3
Siswa pernah perkembangan proyek pemurnian garam bertanya pada guru.
2
Siswa tidak pernah perkembangan proyek pemurnian garam bertanya pada guru
1
b.      Memberikan tanggapan
Siswa mampu memberikan tanggapan terhadap materi proyek pemurnian garam dalam setiap materi pokok tiga atau lebih
4
Siswa mampu memberikan tanggapan terhadap materi proyek pemurnian garam dalam setiap materi pokok satu atau dua tanggapan
3
Siswa mampu memberikan tanggapan terhadap materi proyek pemurnian garam dalam setiap materi pokok satu tanggapan
2
Siswa tidak pernah memberikan tanggapan
1

3.        Penilaian (Valuing)
Aspek yang dinilai
Kriteria
Nilai
a.       Kehadiran


Siswa selalu hadir dalam kegiatan pembelajaran tepat pada waktunya
4
Siswa selalu hadir dalam kegiatan pembelajaran akan tetapi tidak tepat waktu
3
Siswa tidak hadir satu sampai dua hari dengan ijin yang jelas
2
Siswa tidak hadir satu sampai dua hari atau lebih dengan tanpa ijin yang jelas
1
b.      Disiplin tugas
Siswa mengumpulkan tugas makalah proyek dan laporan proyek dengan benar dan tepat pada waktunya
4
Siswa mengumpulkan tugas makalah proyek dan laporan proyek tepat pada waktunya tetapi masih ada kekeliruan
3
Siswa mengumpulkan tugas makalah proyek dan laporan proyek tidak tepat pada waktunya dan masih ada kesalahan
2
Siswa tidak mengumpulkan tugas
1
c.       Bertanggung jawab
Siswa mampu berdiskusi, mengikuti pembelajaran, dan mengerjakan tugas di kelas dengan baik
4
Siswa melakukan 2 dari 3 kegiatan tersebut
3
Siswa melakukan 1 dari 3 kegiatan tersebut
2
Siswa tidak melakukan perbuatan tersebut
1
4.        Pengorganisasian (Organization)
Aspek yang dinilai
Kriteria
Nilai
a.       Kecermatan

Siswa menyelesaikan semua tugas makalah proyek dan laporan proyek dengan tepat sesuai dengan perintah
4
Siswa menyelesaikan tugas makalah proyek dan laporan proyek namun kurang sesuai perintah
3
Siswa menyelesaikan tugas makalah proyek dan laporan proyek namun tidak sesuai perintah
2
Siswa tidak lengkap menyelesaikan tugas makalah proyek dan laporan proyek serta tidak sesuai perintah
1
b.      Bekerja sama
Siswa mampu bekerjasama dengan semua anggota kelompok penugasan proyek.
4
Siswa hanya mampu bekerjasama dengan beberapa anggota kelompok penugasan proyek
3
Siswa hanya mampu bekerja dengan salah satu anggota kelompok penugasan proyek
2
Siswa tidak mampu bekerja sama dengan anggota kelompok penugasan proyek
1
6.        Pembentukan Pola Hidup (Organization by a value complex)
Aspek yang dinilai
Kriteria
Nilai
a.       Kesopanan

Siswa bersikap sopan dan santun terhadap guru dan siswa yang lainnya baik dalam kelas maupun luar kelas
4
Siswa bersikap sopan dan santun terhadap guru dan siswa yang lainnya baik tetapi hanya dalam kelas
3
Siswa bersikap sopan dan santun hanya terhadap guru di dalam kelas.
2
tidak bersikap sopan dan santun terhadap guru  dan siswa lainnya baik dalam kelas maupun luar kelas
1
c.       Kemandirian
Siswa mampu menyelesaikan tugas individu tanpa bantuan orang lain
4
Siswa menyelesaikan tugas namun pernah meminta bantuan orang lain
3
Siswa menyelesaikan tugas individu namun sering meminta bantuan orang lain
2
Siswa tidak mampu menyelesaikan tugas individu oleh diri sendiri
1







PENILAIAN AFEKTIF
Kelompok :
1.      ............................................                No.Absen: ................
2.      ............................................                No.Absen: ................
3.      ............................................                No.Absen: ................
4.      ............................................                No.Absen: ................
5.      ............................................                No.Absen: ................
Berilah skor 1-4 di bawah S1- S5 sesuai kriteria yang dimunculkan siswa:
No.
Aspek yang dinilai
Bobot
Kode Siswa
S1
S2
S3
S4
S5
1
Penerimaan (Receiving)
4






a.       Akitivitas siswa dalam pembelajaran
4





2
Penanggapan (Responding)
8






a.       Bertanya
4





b.      Memberikan tanggapan
4





3
Penilaian (Valuing)
12






a.       Kehadiran
4





b.      Disiplin tugas
4





c.       Bertanggung jawab
4





4
Pengorganisasian (Organization)
8






a.       Kecermatan
4






b.      Bekerja sama
4





5
Pembentukan Pola Hidup (Organization by a value complex)
8






a.       Kesopanan
4






b.      Kemandirian
4





Jumlah Skor
40





Rata-rata Skor






Kategori







                                                                                    Banjarnegara,    Mei 2013
                                                                                    Observer,


                                                                                                                ( .......................................... )  
KRITERIA PENSKORAN
1.        Skor maksimal : 40
2.        Presentase Skor
Kriteria presentase skor siswa :
No.
Rentang Skor
Keterangan
1
84 % - 100 %
Sangat Tinggi
2
67 % - 83 %
Tinggi
3
50 % - 66 %
Sedang
4
33 % - 49 %
Rendah
5
20 % - 32%
Sangat Rendah

3.        Nilai siswa = Jumlah skor yang diperoleh tiap aspek
  = (1+ 2 + 3+4)
4.        Rata-rata nilai tiap aspek          =
Kriteria rata-rata nilai tiap aspek:
No.
Rentang Skor
Keterangan
1
3,44,0
Sangat Tinggi
2
2,83,4
Tinggi
3
2,22.8
Sedang
4
1,6 – 2,2
Rendah
5
1,0 - 1,6
Sangat Rendah

(Qomari, 2003)






REKAPITULASI PENILAIAN AFEKTIF

No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor
Huruf
1
2
3
4
5
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








Jumlah nilai







Rata-rata tiap aspek







Kategori








No comments:

Post a Comment