dari Ibu Sally
Subject :
IPA Terpadu Pertemuan
ke : I (pertama)
Semester/Academic Year : I / 2013-2014 Alokasi
Waktu :
2 x 40 menit
Class :
VIII Tanggal :
SK :
4. Memahami
kegunaan bahan kimia dalam kehidupan.
KD :
4.1 Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam
kehidupan sehari-hari.
Indicator :
1. Menyebutkan bahan-bahan kimia
yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari
2.
Menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk
kebutuhan rumah tangga
Tujuan
Pembelajaran :
Peserta
didik dapat :
1. Siswa dapat menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat
dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari
2. Siswa dapat menyebutkan dampak positif dan
negatif dari bahan-bahan kimia
3. Siswa
dapat menjelaskan efek samping dari bahan kimia
Bahan Kimia
Metode Pembelajaran
1. Model
: - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode
: - Diskusi kelompok
- Ceramah
- Eksperimen
- Observasi
NO
|
STAGE
|
ACTIVITY
|
TIME
|
EVALUATION
|
1.
|
Opening
|
a. Motivasi dan Apersepsi:
-
Guru bertanya pada siswa apa perbedaan bahan
alami dengan bahan kimia
-
Guru meminta siswa menyebutkan apa yang
mereka pakai sehari-hari yang merupakan bahan kimia
|
10 menit
|
|
2.
|
Main Activity
|
·
Guru memintasiswa membuka buku paket halaman
122 yang berisi peta konsep materi bahan kimia
·
Guru menjelaskan garis besar dari peta konsep
tersebut
·
Guru mulai menjelaskan materi satu-persatu
mulai dari pembagian bahan alami dan bahan buatan (kimia)
·
Guru meminta mengelompokkan bahan kimia yg
disebutkan siswa pada opening yang termasuk bahan kimia non-makanan dalam
kehidupan sehari-hari
·
Guru menjelaskan contoh macam-macam bahan
kimia non pangan mulai dari bahanpembersih, bahan kosmetik, obat pembasmi
serangga, dan plastik. (materi buku paket hal. 123-128)
·
Guru memberi kesempatan pada siswa yang ingin
bertanya atau berdiskusi
·
Guru melanjutkan menjelaskan bahan kimia yang
termasuk makanan dalam kehidupan sehari-hari (materi buku paket hal 129-134)
·
Guru memberikan latihan (LKS hal.89 No. 2, 3,
4,13, 14, 18, 20, 21, 22, 23, 24, 25, 26,27,29 dan 30)
|
60 menit
|
|
3
|
Closing
|
·
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan
soal.
|
10 menit
|
|
Sistem Penilaian / Evaluasi :
a. Teknik Penilaian:
· Tes
tertulis
· Tes unjuk kerja
· Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
· Tes PG
· Tes
uraian
·
Uji petik kerja
produk
·
Proyek
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Peristiwa menopause
terjadi di masa ....
a. balita/anak-anak c. dewasa
b. remaja d. manula
- Contoh
tes uraian
Hormon reproduksi
apa sajakah yang mendukung proses pubertas di masa remaja?
.
Note
|
Cikarang Timur , …………………….2013
Principal
SMPIT ANNUR Teacher
Tuti Turmiati, S.Pd _______________
No comments:
Post a Comment