PEDOMAN
PENILAIAN ASPEK AFEKTIF
Jenis Penilaian : Afektif
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI / 2
Materi Pokok : Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
TUJUAN
: Mengamati dan menilai sikap
serta keterampilan siswa dalam pembelajaran kimia menggunakan pendekatan Project-Based Learning(PBL).
serta keterampilan siswa dalam pembelajaran kimia menggunakan pendekatan Project-Based Learning(PBL).
ASPEK YANG DINILAI:
1.
Penerimaan (Receiving)
a. Akitivitas siswa dalam pembelajaran
2.
Penanggapan (Responding)
a. Bertanya
b. Memberikan tanggapan
3.
Penilaian (Valuing)
a. Kehadiran
b. Disiplin tugas
c. Bertanggung jawab
4.
Pengorganisasian (Organization)
a.
Kecermatan
b.
Bekerja sama
5.
Pembentukan Pola Hidup (Organization by a value complex)
a.
Kesopanan
b.
Kemandirian
PANDUAN PENILAIAN :
1.
Penerimaan (Receiving)
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Nilai
|
a. Akitivitas siswa dalam pembelajaran
|
Siswa memperhatikan dan mendengarkan
penjelasan guru dan mencatat
materi proyek pemurnian garam.
|
4
|
Siswa memperhatikan dan mendengarkan
penjelasan guru dan jarang
mencatat materi proyek pemurnian garam.
|
3
|
|
Siswa memperhatikan dan mendengarkan
penjelasan guru dan tidak
mencatat materi proyek pemurnian garam.
|
2
|
|
Siswa tidak memperhatikan
penjelasan guru dan tidak mencatat materi proyek pemurnian garam.
|
1
|
2.
Penanggapan (Responding)
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Nilai
|
a. Bertanya
|
Siswa selalu bertanya perkembangan proyek pemurnian
garam pada guru tiap pertemuan.
|
4
|
Siswa sering perkembangan proyek pemurnian garam
bertanya pada guru.
|
3
|
|
Siswa pernah perkembangan proyek pemurnian garam
bertanya pada guru.
|
2
|
|
Siswa tidak pernah perkembangan proyek pemurnian garam bertanya pada guru
|
1
|
|
b.
Memberikan tanggapan
|
Siswa mampu memberikan tanggapan terhadap materi proyek
pemurnian garam dalam setiap materi pokok tiga atau lebih
|
4
|
Siswa mampu memberikan tanggapan terhadap materi proyek
pemurnian garam dalam setiap materi pokok satu atau dua tanggapan
|
3
|
|
Siswa mampu memberikan tanggapan terhadap materi proyek
pemurnian garam dalam setiap materi pokok satu tanggapan
|
2
|
|
Siswa tidak pernah memberikan
tanggapan
|
1
|
3.
Penilaian (Valuing)
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Nilai
|
a.
Kehadiran
|
Siswa selalu hadir dalam
kegiatan pembelajaran tepat pada waktunya
|
4
|
Siswa selalu hadir dalam
kegiatan pembelajaran akan tetapi tidak tepat waktu
|
3
|
|
Siswa tidak hadir satu sampai
dua hari dengan ijin yang jelas
|
2
|
|
Siswa tidak hadir satu sampai
dua hari atau lebih dengan tanpa ijin yang jelas
|
1
|
|
b.
Disiplin tugas
|
Siswa mengumpulkan tugas makalah proyek dan laporan proyek
dengan benar dan tepat pada waktunya
|
4
|
Siswa mengumpulkan tugas makalah proyek dan laporan proyek
tepat pada waktunya tetapi masih ada kekeliruan
|
3
|
|
Siswa mengumpulkan tugas makalah proyek dan laporan proyek
tidak tepat pada waktunya dan masih ada kesalahan
|
2
|
|
Siswa tidak mengumpulkan
tugas
|
1
|
|
c.
Bertanggung jawab
|
Siswa mampu berdiskusi, mengikuti
pembelajaran, dan mengerjakan tugas di kelas dengan baik
|
4
|
Siswa melakukan 2 dari 3 kegiatan
tersebut
|
3
|
|
Siswa melakukan 1 dari 3 kegiatan
tersebut
|
2
|
|
Siswa tidak melakukan perbuatan
tersebut
|
1
|
4.
Pengorganisasian (Organization)
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Nilai
|
a. Kecermatan
|
Siswa
menyelesaikan semua tugas makalah
proyek dan laporan proyek dengan tepat sesuai
dengan perintah
|
4
|
Siswa
menyelesaikan tugas makalah proyek
dan laporan proyek namun kurang sesuai perintah
|
3
|
|
Siswa
menyelesaikan tugas makalah proyek
dan laporan proyek namun tidak sesuai perintah
|
2
|
|
Siswa
tidak lengkap menyelesaikan tugas makalah proyek dan laporan proyek
serta tidak sesuai perintah
|
1
|
|
b.
Bekerja sama
|
Siswa mampu bekerjasama
dengan semua anggota kelompok penugasan
proyek.
|
4
|
Siswa hanya mampu bekerjasama dengan beberapa anggota kelompok penugasan proyek
|
3
|
|
Siswa hanya mampu bekerja dengan salah satu
anggota kelompok penugasan proyek
|
2
|
|
Siswa tidak mampu bekerja sama dengan
anggota kelompok penugasan proyek
|
1
|
6.
Pembentukan Pola Hidup (Organization by a value complex)
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Nilai
|
a. Kesopanan
|
Siswa bersikap sopan dan
santun terhadap guru dan siswa yang lainnya baik dalam kelas maupun luar
kelas
|
4
|
Siswa bersikap sopan dan
santun terhadap guru dan siswa yang lainnya baik tetapi hanya dalam kelas
|
3
|
|
Siswa bersikap sopan dan
santun hanya terhadap guru di dalam kelas.
|
2
|
|
tidak bersikap sopan dan santun terhadap guru dan siswa lainnya baik dalam kelas maupun
luar kelas
|
1
|
|
c.
Kemandirian
|
Siswa mampu menyelesaikan tugas
individu tanpa bantuan orang lain
|
4
|
Siswa menyelesaikan tugas namun pernah meminta
bantuan orang lain
|
3
|
|
Siswa menyelesaikan tugas individu namun sering
meminta bantuan orang lain
|
2
|
|
Siswa tidak mampu menyelesaikan tugas individu
oleh diri sendiri
|
1
|
PENILAIAN AFEKTIF
Kelompok :
1.
............................................ No.Absen: ................
2.
............................................ No.Absen: ................
3.
............................................ No.Absen: ................
4.
............................................ No.Absen: ................
5.
............................................ No.Absen: ................
Berilah skor 1-4 di bawah S1- S5
sesuai kriteria yang dimunculkan siswa:
No.
|
Aspek yang
dinilai
|
Bobot
|
Kode Siswa
|
||||
S1
|
S2
|
S3
|
S4
|
S5
|
|||
1
|
Penerimaan (Receiving)
|
4
|
|||||
a.
Akitivitas
siswa dalam pembelajaran
|
4
|
||||||
2
|
Penanggapan (Responding)
|
8
|
|||||
a. Bertanya
|
4
|
||||||
b. Memberikan tanggapan
|
4
|
||||||
3
|
Penilaian (Valuing)
|
12
|
|||||
a. Kehadiran
|
4
|
||||||
b. Disiplin tugas
|
4
|
||||||
c. Bertanggung jawab
|
4
|
||||||
4
|
Pengorganisasian
(Organization)
|
8
|
|||||
a. Kecermatan
|
4
|
||||||
b. Bekerja sama
|
4
|
||||||
5
|
Pembentukan
Pola Hidup (Organization by a value
complex)
|
8
|
|||||
a. Kesopanan
|
4
|
||||||
b. Kemandirian
|
4
|
||||||
Jumlah Skor
|
40
|
||||||
Rata-rata Skor
|
|||||||
Kategori
|
Banjarnegara, Mei 2013
Observer,
(
.......................................... )
KRITERIA
PENSKORAN
1.
Skor maksimal : 40
2.
Presentase Skor
Kriteria presentase skor siswa :
No.
|
Rentang Skor
|
Keterangan
|
1
|
84 % - 100 %
|
Sangat Tinggi
|
2
|
67 % - 83 %
|
Tinggi
|
3
|
50 % - 66 %
|
Sedang
|
4
|
33 % - 49 %
|
Rendah
|
5
|
20 % - 32%
|
Sangat Rendah
|
3.
Nilai siswa =
Jumlah skor yang diperoleh tiap aspek
= (1+ 2 + 3+4)
4.
Rata-rata nilai tiap aspek =
Kriteria rata-rata nilai tiap
aspek:
No.
|
Rentang Skor
|
Keterangan
|
1
|
3,4 – 4,0
|
Sangat Tinggi
|
2
|
2,8 – 3,4
|
Tinggi
|
3
|
2,2 – 2.8
|
Sedang
|
4
|
1,6 – 2,2
|
Rendah
|
5
|
1,0 - 1,6
|
Sangat Rendah
|
(Qomari, 2003)
REKAPITULASI PENILAIAN AFEKTIF
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Huruf
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
||||||||
11
|
||||||||
12
|
||||||||
13
|
||||||||
14
|
||||||||
15
|
||||||||
16
|
||||||||
17
|
||||||||
18
|
||||||||
19
|
||||||||
20
|
||||||||
21
|
||||||||
22
|
||||||||
23
|
||||||||
24
|
||||||||
25
|
||||||||
26
|
||||||||
27
|
||||||||
28
|
||||||||
29
|
||||||||
30
|
||||||||
Jumlah nilai
|
||||||||
Rata-rata tiap
aspek
|
||||||||
Kategori
|
No comments:
Post a Comment